Kamis, 19 Mei 2011

Ikhlaskah kita??

Sesuai dengan firman Allah yang tertera pada surat Al-Bayyinah ayat 5 yang artinya,
"Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas mentaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan shalat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar)"
Tapi apakah kita sadar? Bahwa setelah menunaikan ibadah Salat Wajib maupun Sunnah, kita senantiasa meminta kepada Allah untuk memberikan hal-hal yang kta minta.. kadang saya sering bertanya-tanya, kalau kita menjalankan ibadah semata-mata hanya untuk mentaati-Nya, mengapa kita harus meminta sesuatu sebagai imbalannya? Sebenarnya ikhlaskah kita beribadah selama ini??

Apakah kita mentaati-Nya hanya karena menginginkan Surga dan takut akan Neraka?
Apakah kita selama ini terus menerus beribadah supaya semua keinginan kita akan dikabulkan oleh Allah?
sadarkah bahwa terkadang kita berpikir seperti halnya semua keinginan kita dibayar oleh ibadah kita, padahal ibadah itu merupakan kewajiban kita sebagai Hamba Allah ..


*mohon kritik dan sarannya yaa :) mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan*

1 comment:

Anonim mengatakan...

menurut p iyan, kita salah jika kita beribadah untuk mengharapkan pahala dari Allah SWT. Nilai ibadahnya berubah jadi seperti ibadahnya anak kecil. kita gag pernah berfikir ibadah kita diterima atau tidak, yang penting sudah dilaksanakan.

Ibadah itu akan lebih bernilai jika dilakukan untuk mencari ridhlo Allah semata tanpa mengharapkan apapun (walau sekedar pahala). Dengan demikian pertanyaan yang diucapkan adalah apakah Allah ridhlo dengan ibadah kita atau tidak.
Disitulah mulai mucul rasa ikhlas pada saat kita melaksanakan ibadah

butuh ketulusan dan hati yang bersih untuk mulai belajar ikhlas. :D

Posting Komentar